Nama
: Elsa Halimah Noviana
NPM
: 19210486
Kelas
: 3EA12
Kenaikan
Harga Tiket Kereta Api
PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menaikkan harga tiket
kereta commuter (commuter line) I mulai 1 Oktober 2012. Harga tiket yang
semula menjadi Rp 6000 sekarang telah menjadi Rp 9000, jadi terdapat kenaikan
sebesar RP 2000, jadi untuk setiap lintas semuanya sama , seperti halnya
Jakarta-Bogor tadinya Rp 7000, sekarang disamakan juga menjadi Rp 9000. Kenaikan
harga tiket kereta api tersebut menurut Corporate Secretary PT KAI Makmur
Syahrean dikarenakan kenaikan tersebut dinilai perlu untuk membiayai perbaikan
fasilitas termasuk perawatan gerbong, utamanya adalah agar kehandalan sarana
dan prasaran bida dijaga agar kemungkinan kereta mogok dan pembatalan bias
dikurangin sampai maksimal.
PT Kereta Api
Indonesia (KAI) memang sudah melakukan
perhitungan kemampuan penumpang untuk membayar sebelum memutuskan besar
kenaikan dan kereta commuter tidak mendapat subsidi dari pemerintah karena itu
PT KAI diberi hak untuk menentukan perhitungan dasar.
Beberapa reaksi penumpang pun terjadi. Sejumlah pelanggan
kereta commuter mengatakan mereka mendukung keputusan ini selama ada tindakan
konkrit perbaikan layanan. Ada yang mengatakan untuk melakukan perbaikan
hal-hal yang kecil terlebih dahulu, misalnya seperti kereta commuter line terdapat
kelebihan yaitu AC tapi ternyata menurut beberapa penumpang yang menaiki kereta
commuter line , AC di kereta tersebut sering mati dan kondisi di dalam kereta
menjadi panas lalu untuk kereta kea rah depok agar dapat diperbanyak lagi pada
pagi hari dikarenakan biasanya menurut penumpang pada pukul 09.00 – 12.00
kereta kea rah depok jaraknya dengan kereta sebelumnya sampai lebih dari
setengah jam.
PT Kereta Api Indonesia (KAI ) menanggapi masukan dan akan berusaha
mengakomodir tuntutan penumpang, karena menurut PT. KAI pelayanan itu tidak ada
batasnya dan kenaikan terhadapat harga tiket kereta api tersebut di kembalikan pada penumpang dalam bentuk
pelayanan.
Semoga dengan adanya kenaikan harga tiket kereta ini menjadi
suatu hal yang baik, baik untuk PT KAI maupun pelanggan dan penumpang yang
menggunakan jasa kereta api sebagai alat transportasi. PT KAI di harapkan
selalu memberikan pelayanan yang terbaik dan dapat mengantisipasi dan
memberikan solusi jika adanya suatu hal yang dapat menggangu kenyamanan
penumpang saat menaiki jasa kereta api. Supaya penumpang merasakan kenyamanan
dan pelayanan yang sangat baik.
ada baiknya blog ini terhubung oleh link gunadarma seperti http://studentsite.gunadarma.ac.id info lebih lanjut hubungi 085695593535. thanks. BAPSI GUNADARMA.
BalasHapus